Jumat, 07 Oktober 2011

poros penggerak

POROS PENGGERAK






1.URAIAN


Poros penggerak ( drive shaft )
berfungsi menggerakan roda” kendaraan yang menggunakan sistem suspensi independen .
sudut joint dan jarak antara diferensial dengan roda akan berubah sesuai dengan perubahan sudut antara body kendaraan terhadap permukaan jalan selama bergerak.
Untuk alasan ini di gunakan kombinasi fixed constant velocity joint,dan slidable constant velocia joint
Bila terjadi perubahan seperti pada gambar jarak antara joint menjadi L+azL, di sebabkan perubahan pada sudut joint
Karena jaraknya akan tetap. Sementara kendaraan terus melaju, dipergunakaan penggunaan slidable joint

2.TIPE CONSTANT VELOCITY JOINT

            Tripod joint

Tripod joint pembuatannya umumnya joint tipe ini di buat sedemikian rupa agar dapat bergerak pada arah axial

            Birfield joint

Joit ini mempunyai bebrapa steel ball agar yang seragam dapat di pertahankan dengan ketelitian yang tinggi.
Alur khusus di buat pada ball seat sedemikian rupa sehingga untuk kontak antara drive shaft dan poros yang di gerakan selalu dalam jalur itu di bagi dua sudut perpotongan dari poros.

            Beberapa birfield joint di buat sedemkian rupa hingga perubahaan panjangnya berlaku sesuai gerak kendaraan seperti perubahan tripod joint..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends on class automotive

friends on class automotive